KUNCI SUKSES MENGHADAPI UJIAN…..

KUNCI SUKSES MENGHADAPI UJIAN

Ada ungkapan bijak yang mengatakan “bahwa hidup itu adalah tantangan”, kata bijak tersebut tentunya mempunyai banyak makna. Kalau di maknai bahwa tangtangan itu merupakan ujian maka sebenarnya hidup pun adalah ujian. Sudah barang tentu semua orang akan menghadapi tantangan yang di dalamnya juga merupakan ujian. Di antara ujian-ujian itulah saat ini seluruh siswa SMA, SMP dan SD sebentar lagi akan bersiap-siap melewati masa-masa di mana sekali dalam se-umur hidupnya harus mengikuti Ujian Nasional tahun 2011.
Secara Umum apapun bentuk ujian yang akan kita hadapi harus kita siapkan langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi ujian tersebut. Pada zaman Dinasti Tertua di China dulu mereka sempat membuat panduan dalam menghadapi perang(Ujian) mereka menyebutnya dengan Seni Dalam Berperang. Nah, Pada saat ini pun perang dapat di analogi kan sebagai ujian.
Berikut beberapa langkah agar mendapat kan kesuksesan dalam menghadapi Ujian :
1. USAHA : cermati lah apa-apa yang sudah kita lakukan, jangan menunggu sampai tiba waktunya, lakukan lah segala upaya secara maksimal supaya mendapatkan hasil yang maksimal juga tentunya. Jangan berharap banyak dengan bantuan orang lain. Sebagai contoh kalau mau menghadapi ujian nasional berusahalah dengan memperbanyak jam terbang dalam mengerjakan soal-soal latihan yang ada dalam bank soal.
2. STRATEGI : Rencana kan suatu startegi yang di dalamnya berisi rencana-rencana yang akan menjadi tujuan dan dapat diukur yang di sesuaikan dengan kemampuan yang ada dalam diri kita sendiri. Salah satu contoh dalam menghadapi ujian nasional strategi nya adalah dengan menganalisa sendiri kisi-kisi Standar Kompetensi (SKL) Lulusan yang di keluarkan BNSP Kemendikanas yang terbaru (2011). Buat lah indikator dalam SKL tersebut menjadi instrumen-instrumen soal yang sudah tentu berdasarkan bank soal yang sudah ada untuk soal-soal un dari tahun-tahun yang sebelumnya. Susun menjadi bentuk soal prediksi sehingga belajar lebih fokus sesuai dengan SKL yang ada. Tambah lagi dengan mengikuti Try Out secara rutin.
3. Kesempatan : Bukalah cara pandang anda dalam menghadapi ujian, jika anda perhatikan ada banyak anak-anak di negeri ini yang tidak berkesempatan untuk mengikuti ujian seperti yang akan anda hadapi. Buatlah paradigma baru bahwa salah satu tujuan untuk berhasil dalam menempuh ujian ini adalah langkah awal anda untuk memberikan rasa bangga dan bahagia terhadap orang tua anda. Tanamkan prinsip ini karena sebenarnya orang tua kita lah yang memberikan kesempatan ini agar dapat membahagiakan mereka, dan bukan semata-mata karena kewajiban yang di berikan oleh pemerintah. Gunakan KESEMPATAN untuk mengikuti Ujian ini sebagai cara awal untuk membahagiak Kedua Orang Tua Kita.
4. DOA : Jika ketiga langkah diatas sudah semuanya maksimal kita kerja kan alangkah Afdol nya jika di serta kan juga dengan Doa yang tulus. Saya yakin dan percaya semua doa yang tulus dari kita semua akan di kabulkan oleh Sang Maha Pencipta, sehingga kesuksesan akan senantiasi menghampiri kita, amien YRA. (anhari aqso)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s